How Big is Your God?

Ada lagu berjudul How Great Thou Art yang biasanya dipakai untuk memuji-muji kebesaran Tuhan tetapi sesungguhnya merupakan sindiran untuk umat ‘beriman’ sendiri. Bagaimana nyindirnya?

Lihatlah bait pertama dan kedua: alam ciptaan dan makhluk hidup membuat orang berdecak kagum karena kebesaran-Nya. Bait keempat menyinggung masa akhir zaman sewaktu Nabi Isa datang kembali dan saat itulah orang menyembah Allah yang mahabesar. Lha, bait ketiga?

Itu yang terpenting bagi hidup manusia tetapi malah justru jarang digubris: yaitu ketika Allah mau hadir di dunia untuk memperbaiki kesucian hidup. Manusia sangat jarang terlibat di dalamnya. Mereka cenderung jadi penonton. Itulah yang dituturkan teks hari ini.

Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Yesus karena mereka melihat aneka mukijzat, karena mereka sudah makan kenyang; tentu saja, karena makhluk langka seperti ini harus dipertahankan, kalau perlu, dijadikan pemimpin supaya kepentingan praktis mereka terjamin. Tak perlu lagi orang bersusah payah mencucurkan keringat dan tenaga: sudah ada Allah yang mahabesar, yang ironisnya, bisa menangani hal-hal praktis hidup manusia.

Jangan-jangan, pujian kepada Allah yang mahabesar itu adalah slogan belaka yang diproduksi oleh orang yang hendak lari dari tanggung jawab sosialnya.

Iman memang adalah semacam antena yang diberikan secara gratis untuk menangkap kehadiran Allah. Akan tetapi, rahmat itu sekaligus merupakan panggilan, bahkan tuntutan bagi orang untuk terlibat dalam proses pembuatan ‘roti hidup’ yang tak lekang oleh tindakan korup si jahat.

Tuhan, semoga aku tak terpukau oleh kebesaran-Mu sampai-sampai lupa pada tanggung jawab sosial, tetapi mampukanlah aku untuk semakin terlibat dalam tanggung jawab sosial sehingga kebesaran-Mu semakin tampak. Amin.


HARI MINGGU BIASA XVIII B/1
2 Agustus 2015

Kel 16,2-4.12-15
Ef 4,17.20-24
Yoh 6,24-35

Hari Minggu Biasa XVIII A/2 Tahun 2014: Makan Apa, di Mana, Siapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s