Agama: Parasut atau Parasit?

Mungkin agama pun, seperti pikiran, bisa dianalogikan sebagai parasut: baru berfungsi kalau terbuka! Kalau tertutup alias narsis, ya malah nambahi gawean!

Yesus bertemu rombongan kematian ketika mereka melewati kota Nain: seorang janda beranak satu ditinggal mati anaknya. Itu artinya secara sosial ia sendirian dan tak punya perlindungan dalam kultur Yahudi pada abad pertama. Yesus tergerak oleh belas kasih (compassion). Lukas tidak biasa menyinggung-nyinggung soal compassion, tetapi memang compassion inilah yang mendorong Yesus untuk berbuat sesuatu yang ada dalam jangkauannya.

Perbuatan Yesus menyentuh kayu usungan jenasah itu tentu menajiskan dirinya. Selama seminggu dia bakal najis (bdk. Bil 19,11.16). Gak ada yang akan memakan dia selama seminggu (bercanda, Brow, jangan serius-serius)! Kisah ini menyodorkan gerak compassion yang ternyata menghidupkan harapan janda Nain itu. Bela rasa, belas kasih Yesus membuka jalan. Ini bahkan sudah diintroduksi pada bagian teks sebelumnya (Luk 7,1-10) bahwa Yesus mengabulkan permintaan orang bukan Yahudi.

Cara Yesus menyatakan Kerajaan Allah mengejutkan orang-orang Yahudi yang tak biasa terbuka pada kelompok non-Yahudi. Yesus tidak mempromosikan agama (Yahudi), betapapun ia membuka diri pada orang-orang non-Yahudi. Mungkin itulah paradoks: semakin orang beragama secara tertutup, semakin tumpul dalam menggerakkan orang lain. Bisa saja menarik sebagai tontonan karena eksotisnya, tetapi tak punya daya sentripetal (bisa-bisa malah kekuatan sentrifugalnya mendera pemeluk agama itu: orang mudanya tak mau lagi bergiat-giat dalam aktivitas keagamaan).

Ya Tuhan, mohon rahmat supaya pikiranku berakar pada Sabda-Mu dan terbuka juga pada Sabda-Mu yang Kau sampaikan melalui jalan lain. Amin.


HARI KAMIS BIASA XXI B/1
Peringatan Wajib Santa Monika
27 Agustus 2015

1Tes 3,7-13
Luk 7,11-17

Posting Tahun Lalu: Ibu-ibu Perkasa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s