Diam Tanda Setuju?

Kekuatan yang terpecah belah adalah kelemahan. Ini bukan kebijaksanaan tingkat dewa, sudah sejak kecil kita dengar ungkapan bersatu kita teguh, bercerai kita kawin lagi, huaaa…. krik krik krik. Injil hari ini menyodorkan kekuatan yang tak terpecah belah dari tiga tokoh: Herodes, Herodias senior, dan Herodias yunior. Mereka, tanpa tetek bengek rapat konsolidasi, mengeksekusi Yohanes Pembaptis. Kenapa? Karena Yohanes Pembaptis inilah yang menyinggung-nyinggung konspirasi Herodes untuk mendapatkan Herodias sebagai istrinya yang jelas dilarang oleh Hukum Taurat (Im 18,16; 20,21). Keduanya sudah married, mengabaikan pernikahan itu untuk perkawinan yang baru ini.

Herodias mencari cara supaya Yohanes dihukum seberat-beratnya, tak cukup dengan penjara saja. Kesempatan itu datang, dan kekuatan Herodias menjadi berlipat ganda ketika anaknya diberi kesempatan oleh Herodes, di hadapan para tamu undangan, untuk meminta apa saja. Jebulnya, yang diminta Herodias yunior ini adalah permintaan Herodias senior, dan Herodes klepek-klepek di hadapan perkataannya sendiri yang jadi mutlak di atas martabat hidup orang lain. Apakah cuma tiga orang itu yang berkontribusi pada kekuatan yang menghentikan hidup Yohanes Pemandi? Tidak.

Para tamu undangan juga punya andil. Bagaimana andil mereka? Dengan diam, dengan tak bersuara, dengan mendiamkan ketidakberesan dalam skala nilai manusia, dengan hanyut saja pada pesta pora tanpa ambil pusing dengan mara bahaya yang menimpa kemanusiaan. Silence is not always golden. Ada kalanya diam justru merupakan wujud solidaritas semu: biar kejahatan yang kita bangun ini tidak runtuh. Konon, ketika kebenaran tergantikan oleh diam, diam itu adalah kebohongan.

Tuhan, berilah rahmat kekuatan supaya aku berani menyuarakan kebenaran sejati-Mu. Amin.


PERINGATAN WAJIB WAFATNYA YOHANES PEMBAPTIS
(Sabtu Biasa XXI B/1)
29 Agustus 2015

Yer 1,17-19
Mrk 6,17-29

Posting Tahun Lalu: Florence oh Florence

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s