Generasi Korup

Barangkali setiap orang punya kacamata kuda: biasanya kita begitu terobsesi oleh self-centeredness sedemikian rupa sehingga kita tak bisa melihat hal yang ada di luar perhatian kita. Bukankah itu normal? Tentu saja, karena keterbatasan fisiknya manusia tak mungkin mampu melihat segala-galanya dalam satu waktu. Ia pasti terikat dimensi ruang dan waktu. Sayangnya, tak sedikit orang yang merasa diri seolah-olah tak memiliki keterikatan itu dan bisa dengan mudahnya menghakimi orang lain.

Teks Injil hari ini memuat kritik Yesus terhadap suatu generasi yang korup, yang kehilangan standar penilaian, atau lebih tepatnya, yang standar penilaiannya semakin didominasi oleh self-centeredness mereka. Cara menilai atau menghakimi seperti inilah yang dikritik Yesus. Betapa tidak, orang yang bertobat dan berpuasa (Yohanes Pembaptis) disebutnya kerasukan setan, sedangkan yang menikmati pesta makan disebutnya pelahap dan peminum. Lha njuk karepmu opo?!

Standar penilaian umat beriman tak pernah diletakkan pada standar mereka sendiri. Pun kalau standar mereka klop dengan kehendak Allah sendiri, standar utama tetaplah kehendak Allah, yang mau tidak mau mesti dicari terus menerus dalam dialog, dari momen ke momen. Sebuah lagu terbuka pada aneka aransemen justru karena di situlah letak keindahannya. Sayangnya, bahkan dalam hidup bersama umat beriman pun bisa jadi sekelompok orang tertentu memaksakan hal tertentu dengan klaim bahwa itulah kehendak Allah. Ini tidak sama dengan mencari jalan tengah, tetapi malah jadi ekstrem baru.

Ya Tuhan, berikanlah aku rahmat keterbukaan supaya dari hari ke hari semakin mampu menangkap kehendak-Mu bagi hidupku dan sesama. Amin.


HARI RABU BIASA XXIV B/1
Peringatan Wajib St. Kornelius dan Siprianus
16 September 2015

1Tim 3,14-16
Luk 7,31-35

Posting Tahun Lalu: Waton Suloyo

5 replies

  1. “Kaca mata kuda” juga indikasi dari keterbatasan saya, so… saya tidak memaksakan pendapat saya. Karena pendapat saya bukan kebenaran tunggal atau malah tidak benarnya sama sekali….:)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s