Allah Menipu?

Aneka nama dan jabatan yang disodorkan Injil dalam teks hari ini hanyalah menjadi keterangan waktu terhadap datangnya firman Tuhan kepada Yohanes di padang gurun. Tiberius (Kaisar), Pontius Pilatus (wali negeri Yudea), Herodes (raja wilayah Galilea)…Hanas dan Kayafas (Imam Besar), semuanya jadi penanda waktu atas protagonis kisah hari ini. Di wilayah Galilea orang tahu siapa nama-nama besar itu, dengan status dan jabatan yang mungkin saja jadi posisi yang diperebutkan oleh sebagian orang.

Sabda Allah tidak datang pada nama-nama besar itu, tetapi pada Yohanes anak Zakharia, yang tinggal di padang gurun. Tak seorang pun menginginkan status hidup seperti yang dihidupi Yohanes. Hanya sebagian kecil orang yang merealisasikan pikiran untuk hidup di padang gurun seperti Yohanes pembaptis. Sabda Allah datang di tempat yang tak dikehendaki banyak orang. Sabda Allah datang justru pada keadaan yang menurut kebanyakan orang bukan keadaan ideal bagi kedatangan Allah.

Sabda Allah itu diserukan oleh Yohanes dengan gamblang: bertobatlah dan kamu akan mengalaminya sebagai perubahan dari sikap hidup kelam, masa lalu gelap, menjadi bebas dan plong karena Allah sungguh merajai hatimu. Tanpa itu, silakan berebut saham atau berlomba-lomba mengadu kecerdikan untuk menyembunyikan kepentingan culas di hadapan kebenaran. Dijaminlah tampilan muram dan masam atau datar karena tebal muka tanpa rasa malu akibat suara hati sudah jauh tersesat. Tobat sejati membuahkan suka cita. Tanpa suka cita, pertobatan menjadi semu. Ia tertipu.

Tuhan, mampukanlah aku untuk bertobat dalam suka cita. Amin.


HARI MINGGU ADVEN II C/2
6 Desember 2015

Bar 5,1-9
Flp 1,4-6.8-11
Luk 3,1-6

Hari Minggu Adven I B/1: Ngapain Jadi Pertapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s