Nyalakan Harapan

Ini sharing singkat saja yang berasal dari lamunan ketika mendengar khotbah pada hari Minggu tadi dan saya gak mudheng alias tidak paham apa yang diomongkan romonya. Saya senantiasa setia dengan patokan ini: kalau sampai lima menit khotbah belum begitu jelas juntrungnya, percayalah bahwa isinya baik-baik dan benar semua, tapi mungkin gak nyambung entah dengan sumber bacaan atau dengan hidup mereka yang mendengarkan khotbah. Langkah berikutnya, melamun saja! Apa yang dilamunkan? Ya bacaan-bacaan yang tadi didengar toh.

Lamunan saya tadi berbunyi begini: yang disebut jalan keselamatan itu ialah kebenaran yang menghidupkan, yang memberi hidup, yang mempromosikan kultur kehidupan. Maka, kalau kata-kata “Akulah jalan, kebenaran, dan hidup” dilontarkan Yesus kepada para muridnya, itu pasti bukan jalan tol, jalan tikus, atau jalan apapun yang kurang lebih sudah selesai. Jalan ini juga bukan kebenaran yang bisa diperdebatkan orang seturut kepentingan politisnya, baik itu demi politik identitas maupun demi politik yang lebih ‘rasional’. Kebenaran memanifestasikan dirinya sebagai jalan (keselamatan) jika ia memberi hidup, menghidupkan.

Orang bisa mengasumsikan terorisme, misalnya, disebabkan oleh kemiskinan dan kebodohan, tetapi senyatanya yang terjadi ialah terorismelah yang menyebabkan kemiskinan dan kebodohan. Atau barangkali lebih tepat lagi: terorisme itu sendiri rupanya adalah bentuk kemiskinan dan kebodohan orang.

Maka pertanyaan reflektifnya kira-kira berbunyi: apakah kebenaran yang kita perjuangkan itu ditempuh dan ditujukan untuk menyalakan harapan, atau sekadar untuk show of force ya? Moga-moga itu sungguh kebenaran yang muncul dari kultur kehidupan sehingga sungguh jadi jalan keselamatan.

Ya Allah, mohon rahmat untuk menumbuhkan harapan dan kepercayaan semata kepada-Mu. Amin…


MINGGU PASKA V A/1
14 Mei 2017

Kis 6,1-7
1Ptr 2,4-9
Yoh 14,1-12

Posting Tahun 2014: Kepastian Iman?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s