Ilmu Melintir

Kata-kata itu gratis dan nilainya bergantung pada bagaimana orang menggunakannya. [Coba kalau setiap kata ada harganya, njuk mesti bayar berapa lagi untuk bikin posting di blog ini ya? Membacanya gratis, nulisnya mbayar, hahaha…] Begitu pula Kitab Suci, apapun teologinya, kata-kata di dalamnya gratis, lha wong dulu bikinnya juga cuma-cuma, rasa[h] mbayar. Tapi kok njuk untuk mendengarkan gorengan kata-kata gratis itu orang mesti mbayar mahal ya? Ya itulah pinter-pinternya orang memake’ kata-kata itu. Adakah hal yang lebih lemah dari Injil atau Kitab Suci yang bisa dipelintir sana-sini demi kepentingan si pemelintir?

Meskipun begitu, tak perlu kita kembali ke kasus penistaan pake’ ayat suci itu untuk mengerti ilmu pelintir. Setiap orang ya punya ilmu pelintir, cuma kadarnya beda-beda, tinggal merefleksikan saja sendiri seberapa kerap dan besarnya pelintiran itu. Yang mungkin lebih perlu diperhatikan dari bacaan hari ini ialah bagaimana kata-kata dari Kitab Suci yang lemah itu punya kekuatan dahsyat ketika ditumbuhkan dalam hidup orang. Dahsyatnya bukan hanya dalam arti positif ala Ignasius, melainkan juga negatif ala Saulus yang melakukan persekusi terhadap pengikut Yesus.

Tentu saja, yang dianggap positif oleh satu pihak dianggap negatif oleh pihak yang berlawanan. Maka pokok pentingnya bukan ilmu pelintir tadi, karena orang bisa saling tuduh memelintir, melainkan bagaimana kata-kata dari Kitab Suci itu punya kekuatan untuk memengaruhi keseluruhan hidup orang. Ini bukan soal benar salah, baik buruk, melainkan soal kerohanian lagi: bagaimana benih Kerajaan Allah, kata-kata dari Kitab Suci itu menjadi konkret dalam hidup material seseorang. Walk the talk. Itu yang memungkinkan kerohanian berkembang.

Ya Allah, mohon kekuatan supaya kami mampu merealisasikan kerohanian dalam hidup kami bahkan dari hal-hal sederhana. Amin.


HARI SENIN BIASA XVII A/1
(Pesta Wajib S. Ignasius dari Loyola)
31 Juli 2017

Kel 32,15-24.30-34
Mat 13,31-35

Senin Biasa XVII B/1 2015: Kecil-kecil Cabe Rawit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s