Joyful Joss

Gelaran akbar Asian Youth Day baru saja selesai dan pantaslah setiap anggota panitia penyelenggara merayakan kelelahan mereka. Ada yang merayakannya dengan makan es grim dan bakmi godhog. Ada yang langsung tidur karena selama seminggu terakhir kurang tidur. Ada juga yang pergi pijat refleksi. Barangkali ada juga yang refleksi tanpa pijat karena hari ini pesta transfigurasi. Saya sendiri pergi ke trans… seberang hotel.

Tanggal ini mengingatkan orang pada bom atom pertama yang meluluhlantakkan Hiroshima, yang juga pantas menjadi pijakan refleksi sebagaimana pembunuhan massal di belahan bumi lainnya. Refleksi ini jadi prosedur yang memungkinkan orang mengubah cara pandang sedemikian rupa sehingga kenyataan hidup ini akhirnya berujung pada kata-kata pasca penciptaan Allah: all is wellWell gimana sih Mo kalau kenyataannya secara objektif ya ancurMosok bom atom yang membunuh banyak orang disebut well?

Wis gak usah dijelaskan deh. Itu bagian yang mesti ditimbang-timbang. Kalau hari ini adalah pesta transfigurasi Yesus, sebagaimana dikisahkan dalam bacaan Injil, barangkali ada baiknya juga mengingat Spiderman atau mungkin lebih cocok Superman: buka baju dan terbang atau merayap atau melompat. Transfigurasi bukan momen menunjukkan kekuatan setelah membuka topeng seperti itu. Jangan-jangan, transfigurasi adalah pertama-tama soal perubahan cara melihat, cara pandang orang terhadap sosok seperti Yesus itu, yang sudah berkali-kali memberi kata-kata bijak.

Bukankah dalam hidup ini bisa terjadi orang pada titik tertentu tersadar: berkali-kali mendengar ini itu, tetapi baru ngeh setelah berbenturan dengan pengalaman tertentu? Pada momen seperti itu, cara pandang orang berubah dan kemuliaan ilahi itu bisa dialami secara konkret. Kelelahan panitia event besar bisa jadi menyisakan kekecewaan atau kemarahan atau perasaan negatif apapun, tetapi transfigurasi mengajarkan kepada mereka yang percaya: tak ada yang bisa merenggut harapan, iman, dan cinta mereka yang terikat pada Allah sendiri.

Ya Allah, bantulah kami supaya mampu mengubah cara pandang kami terhadap hidup sehingga kami boleh mengalaminya sebagai joyful jossss. Amin.


PESTA TRANSFIGURASI (Yesus Menampakkan Kemuliaan-Nya)
(Minggu Biasa XVIII A/1)
6 Agustus 2017

Dan 7,9-10.13-14
2Ptr 1,16-19
Mat 17,1-9

Posting Tahun 2014: Narsis Gak Eaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s