Who do you say I am

Who do you say I am adalah pertanyaan sepanjang masa bukan saja untuk menegaskan siapakah Tuhan bagi saya (beda dengan ‘siapakah Tuhan menurut saya’), melainkan juga identitas diri saya sendiri. Ini curhat kegelisahan seorang pastor Katolik yang dengan latar belakang studi teologinya mesti masuk dalam ranah wacana publik. Kenapa gelisah? Karena wacana publik itu mendorong atau menariknya keluar dari zona nyamannya dalam teologi Kristiani. Konkretnya, ia mesti bisa omong soal imannya dengan kategori ilmu-ilmu selain teologi.

Pada kenyataannya, itu bukan cuma kegelisahan pastor Katolik, melainkan juga kecanggungan banyak orang untuk mempertanggungjawabkan apa yang dihayatinya secara personal dengan bahasa-bahasa yang bisa dikonsumsi publik. Tak sedikit orang yang jadi canggung ketika ditanya soal pengalaman mendalamnya. Atau, tak usah soal pengalaman mendalam deh, soal pemahaman saja. “Saya mengerti, tapi tidak bisa menjelaskannya.” “Pokoknya gitu dehngerti kan maksud saya?”

Menjawab pertanyaan siapakah Tuhan bagiku rupanya adalah jalan untuk menunjukkan identitas seseorang, identitas penjawabnya, dan barangkali kebanyakan orang masuk dalam wilayah abu-abu alias tidak berani atau tidak bisa mengambil sikap yang jelas terhadap misteri Allah itu sendiri. Petrus menunjukkan sikap yang tegas, bahkan meskipun sebetulnya ia tidak mengerti apa yang dia katakan, dan itu terjadi lantaran ada campur tangan dari ‘instansi’ yang melampaui dirinya sendiri alias transenden.

Maka, ini adalah momen untuk mohon rahmat kebijaksanaan supaya dari hari ke hari umat beriman semakin mampu menghidupi Allah dalam kesehariannya, tetapi juga mampu menerjemahkannya ke dalam bahasa yang bisa ditangkap orang yang bahkan ‘tak beriman’ sekalipun. Romo ki ngomong opo toh? Mboh…

Ya Tuhan, bantulah kami supaya semakin dekat dengan-Mu juga dalam relasi kami dengan sesama yang beraneka ragam. Amin.


MINGGU BIASA XXI A
27 Agustus 2017

Yes 22,19-23
Rm 11,33-36
Mat 16,13-20

Posting Tahun 2014: Siapa Pegang Kunci Surga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s