DIY God

Saya tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan hari ini kami para mahasiswa ditraktir dosen untuk makan siang bersama. Kok ada ya dosen yang baik hati begitu? Minggu lalu dosen kami yang lain juga membuat pesta untuk kami para mahasiswanya. Gratis tis tis, bayar parkir pun tidak. Itulah istimewanya tempat tinggal saya [ora ana hubungane]. Apa memang profesor-profesor itu punya semacam Corporate Social Responsibility begitu ya? Cool… tapi entahlah apakah itu berbanding lurus dengan kemurahan hati mereka untuk penilaian ujian akhir kami, hahaha… Mungkin sih tidak. Ingat toh kata-kata Ahok: kalau gaji mau naik ya kerja keras dong, bukan karena balas budi nyontreng.

Itu juga yang mungkin klop dengan bacaan hari ini. Di mata saya hari ini, Tuhan seperti sosok DIY, do it yourself! Tuhan yang Maha Pengasih lagi Penyayang itu malah meminta umat-Nya untuk memberi makan pada banyak orang. Bukankah umat-Nya itu mengikuti Tuhan karena Dia memberi makan? Bukankah Dia menyediakan segalanya? Iya, secara teoretis begitu, tetapi pada praktiknya, Tuhan yang direpresentasikan Yesus hari ini meminta umat-Nya memberi makan orang banyak. Yap, Allah tidak memecahkan problem-problem orang. Pada akhirnya, Dia memang menyodorkan bantuan supaya orang bisa melakukan sendiri apa yang sepantasnya dia lakukan.

Angka tujuh sebagai modal dan sisa hasil usaha menunjukkan angka kesempurnaan dan totalitas bagi bangsa Yahudi. Itu tak lain dari totalitas kedirian manusia yang jika digali sungguhan bisa ‘memberi makan’ pada kemanusiaan yang adil dan beradab. Tiga, persatuan Indonesia.

Ya Tuhan, mohon rahmat supaya kami tak menantikan-Mu untuk menyelesaikan masalah kami, tetapi menyambut Roh-Mu yang memprovokasi kami untuk menyelesaikan masalah kami di sini. Amin.


HARI RABU ADVEN I
6 Desember 2017

Yes 25,6-10a
Mat 15,29-37

Posting Tahun 2015: Auto Recovery

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s