Cemungud Kevin-Markus

Pernah membayangkan diri sebagai suryakanta alias kaca pembesar? Kalau pernah, kurang kerjaan amat sih; sini saya kasih kerjaan membuatkan paper akhir semester yang belum kelar-kelar nih, hahaha. Kalau tidak pernah, silakan sekarang membayangkan diri sebagai suryakanta itu. Nah, bener-bener kurang kerjaan, kan?

Hari ini ditampilkan lagi sosok Yohanes Pembaptis, atau Yohanes Pemandi, terserah pilih yang mana, tapi jangan sebut dia sebagai salah satu dari dua belas rasul Yesus. Itu keliru, Nak. Pernah belajar agama gak sih? Yohanes Pemandi ini bolehlah diumpamakan sebagai suryakanta jika Allah diumpamakan sebagai matahari. Ketika ditanya apakah ia Mesias, tentu saja ia bisa menjawab iya, dan mungkin orang-orang akan menyembah-nyembah dia. Akan tetapi, pun kalau dia memenangi Dubai Super Series 2017, dia tak bisa lengah sedetikpun untuk menyadari diri bahwa dia bukan Mesias.

Akan tetapi, meskipun jelas dia bukan matahari yang memberi terang kepada dunia, dengan sinar terang itu ia bisa membakar dunia. Maksudnya, ia bisa membuat titik api yang kemudian membakar area sekeliling titik api itu.

Begitu saja ya catatan hari ini yang bolehlah disebut sebagai renungan. Beranikah orang menanggapi panggilan untuk menjadi suryakanta itu, memberi api, memberi semangat, memberi greget kepada sekeliling, alih-alih jadi SLOTH yang beberapa waktu lalu nongol itu: the sin that needs no effort. Dosa yang lain-lain pakai usaha, yang satu ini justru tidak boleh pakai usaha.

Ya Allah, mohon kekuatan untuk menumbuhkan nyawa dalam diri kami sendiri dan sesama. Amin. 


MINGGU ADVEN III B/2
17 Desember 2017

Yes 61,1-2a.10-11
1Tes 5,16-24
Yoh 1,6-8.19-28

Posting 2014: Natalan??? Pikirrrr!

4 replies

  1. Selamat malam romo,jadi saya suka dengerin romo homili di gereja Kotabaru ,tapi sayang sekali sepertinya sudah cukup lama saya ga pernah denger romo homili lagi di gereja.Iseng malam ini saya google nama romo dan muncul blog romo ini,yah setidaknya jadi pengobat rindu homilinya romo hhe.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s