Benci tapi kok cinta ya…

Yesus itu seperti cari teman ya; dia mengerti bahwa dia akan menderita lalu memberi pesan bahwa para rasul pun nantinya akan mengalami yang sama: menderita. Memang betul kenyataannya begitu sih tapi itu bukan soal cari teman sependeritaan. Yesus datang untuk memantik api yang mesti berkobar di dunia ini dan kobaran api itulah yang akan menantang orang untuk memilih dan pilihan-pilihan orang itulah yang akan menimbulkan aneka pertentangan. Orang takkan lepas dari pertentangan seperti itu sampai pada sel terkecil dalam relasi orang: keluarga. Pertentangan itu sendiri sudah terjadi dalam batin setiap orang yang mengikuti Kristus.

Kalau begitu benarlah: orang yang mencari Kristus untuk cari rasa aman dari pertentangan batin adalah orang yang salah jalan. Orang yang mengklaim diri mengikuti Kristus dan batinnya tak pernah terpantik api untuk benar-benar menentukan pilihan sendiri adalah orang yang naif dan sesat. Munafik juga orang yang berkoar-koar mewartakan kasih Yesus yang berkelimpahan dalam hidupnya, tapi ia sendiri tidak pernah bersusah payah untuk sekadar mengerti problematika orang lain di sekelilingnya.

Memang betul yang disodorkan Paulus dalam bacaan pertama: syukur dan mohon supaya jemaat senantiasa berakar dan berdasar pada cinta. Cinta ini menampung juga konflik, tidak menghindarinya, justru karena konflik itu memuat pilihan yang mengantar dan menantang orang untuk mencinta. Kedalaman cinta tak ditentukan oleh dominasi rasa perasaan tenang dan damai. Kedamaian dan ketenangan cinta tidak terletak pada level perasaan, melainkan pada identitas terdalam orang. Identitas ini tak teraduk-aduk oleh perasaan orang yang bisa sedemikian labil: cemas, takut, khawatir, sedih, kecewa, marah, dan sebagainya.

Identitas pengikut Kristus seperti ini dipenuhi oleh roh yang memampukannya untuk memilih, apapun perasaan yang bisa ditimbulkannya. Tolok ukurnya bukan perasaan, melainkan konsolasi dan desolasi.


KAMIS BIASA XXIX
23 Oktober 2014

Ef 3,14-21
Luk 12,49-53

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s