Disiplin Itu Gimana

All discipline for the moment seems not to be joyful, but sorrowful; yet to those who have been trained by it, afterwards it yields the peaceful fruit of righteousness. (Heb 12,11)

Kata disiplin biasanya terasosiasikan dengan soal-soal yang terkait dengan hukum atau peraturan: seragam sekolah, waktu mulai sekolah, tatanan lalu lintas, dan sebagainya. Disiplin atau tidaknya seseorang diukur dari apakah ia menaati aturan yang sudah ditetapkan. Kalau taat, ia disebut disiplin, dan jika senang melanggar aturan, ia dianggap kurang atau tidak disiplin.

Akan tetapi, itu adalah cara pandang dan penilaian dari luar yang bisa jadi membebani orang dengan kesusahan yang tidak perlu. Orang merasa terpaksa melakukan sesuatu dan seolah kebebasannya hilang. Seorang anak yang terpaksa melakukan ini itu semata karena diperintah orang tua, hidupnya bisa jadi mimpi buruk. Masih mending kalau orang tuanya bisa menjelaskan alasan, target, tujuan mengapa si anak perlu melakukannya. Kalau tidak, disiplin semata-mata adalah alien dari planet lain yang dibebankan pada kepalanya.

Ada cara pandang lain yang lebih membebaskan, yaitu cara pandang dari dalam: orang melihat tujuan dan tahu jalan mencapai tujuan itu. Dengan cara pandang ini, aturan dan hukum bersifat relatif terhadap tujuan tadi sehingga kedisiplinan gak lagi semata diukur dengan jumlah pelanggaran. Meskipun demikian, bahkan cara pandang dari dalam ini juga memuat konsekuensi yang tak selalu mengenakkan. Semangat lepas bebas dan magis senantiasa menantang orang setiap saat untuk lepas dari aneka kenyamanan.

Yesus hari ini terheran-heran karena orang sekampungnya menolak dia. Maklum, mereka iri bahwa orang sekampung kok bisa jadi populer dan dipergunjingkan orang di luar sana. Toh, dalam situasi penolakan itu pun, Yesus gak mutung atau ngambek. Ia tetap menjalankan azas dan dasar hidupnya: berkeliling untuk mengajar. Apa yang diajarkannya? Coba tebak.


RABU BIASA IV B/1
4 Februari 2015
Pesta St. Yohanes de Britto dkk (SJ)

Ibr 12,4-7.11-15
Mrk 6,1-6

2 replies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s