Hati-hati Otak-otak

Kesombongan manusia hanya bisa pergi sejauh tapal batas kerendahan hati Allah. Itu mengapa orang sombong dikagumi manusia sombong. Orang-orang macam begini dunia semestanya adalah dunia “otak-otak”, mulai dari otak udang sampai otak di warung makan Padang. Mereka tidak merambah dunia “hati-hati”, dan karenanya hidup dari argumentasi. Mereka pikir, cuma mereka yang punya inteligensi, dengan begitu mereka menipu diri sendiri.

Sosok Petrus yang ditampilkan teks hari ini tampaknya bukan sosok dengan otak berkualitas tinggi. Ia bisa membuat penalaran sederhana dan penalarannya itu pun tentunya diterima banyak orang, juga mereka yang punya kualitas otak yang tinggi: apa yang terbukti secara empiris (semalam-malaman mencari ikan dengan hasil nihil), mau dibantah bagaimana?! Petrus lupa, yang empiris itu ada di masa lalu, dan masa sekarang memuat kemungkinan bagi masa depan, dan di hadapan kemungkinan itu, masa lalu bisa saja dimaknai secara baru sejauh orang punya keterbukaan kepada ‘yang lain’ untuk berpartisipasi.

Hanya orang yang ‘hati-hati’ yang menangkap bahwa ‘yang lain’ itu termasuk juga Dia yang menguasai masa lalu, masa kini, dan masa datang. Hanya orang yang ‘hati-hati’ yang menerima dalam logikanya makna syukur, makna terima kasih; dan umumnya, orang yang sungguh bersyukur dari kedalaman hatinya adalah dia yang berada di tapal batas kesombongan dirinya dan kerendahan hati Allah. Orang macam ini menyertakan Allah dalam pekerjaannya, atau, mungkin lebih tepat dikatakan, membiarkan ‘otak-otak’-nya diintervensi oleh ‘hati-hati’-nya sikap iman yang senantiasa mencari pertanggungjawaban rasional. Ia sadar batas rasionalitasnya dan mengambil jalan kerendahan hati.

Tuhan, semoga kami senantiasa boleh berjalan bersama-Mu dalam jerih payah hidup konkret kami. Amin.


KAMIS BIASA XXII
1 September 2016

1Kor 3,18-23
Luk 5,1-11

Posting Kamis Biasa XXII B/1 Tahun 2015: Baca Kitab Suci? Ngapain?!
Posting Kamis Biasa XXII Tahun 2014: Jangan Takabur, Bray!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s