Lost Contact

Perumpamaan, seturut suatu teori hermeneutika, bukanlah ajaran yang diterima orang secara pasif atau disimpan dalam ingatan seperti dalam pelajaran mencongak, melainkan sebuah undangan untuk aktif menemukan, mengkonstruksi, menguak kebenaran, memasuki dunia teks, merajut pesan tersembunyi, menggali makna. Teks hari ini dimulai dengan pertanyaan “Gimana pendapatmu?” dan memang perumpamaan merupakan sebuah pertanyaan yang jawabannya tidak bersifat definitif, bergantung pada tanggapan dan partisipasi pendengar atau pembacanya.

Kalau Anda punya 100 domba dan satu hilang, apa yang Anda lakukan? Ingat bahwa bukit tempat menggembalakan domba itu bukan medan yang mudah, dengan tebing tinggi dan bisa jadi ada hewan buas atau garong-garong yang bersembunyi. Ingat juga yang hilang cuma satu biji. Artinya, Anda masih punya 99 domba. Cuma 1% yang hilang dan 99% itu Anda abaikankah untuk menyelamatkan yang 1%? Itulah yang diinsinuasikan oleh teks: gembala yang baik itu meninggalkan yang 99% demi mencari yang 1%!

Barangkali kalau Anda sungguhan seorang gembala profesional, Anda akan bertanya pada si pemberi perumpamaan ini,”Sori, Brow, gembala bego’ mana itu yang melakukan tindakan konyol seperti itu?” dan si sableng pemberi perumpamaan itu menjawab,”Itulah Allah. Tuhan adalah gembala yang bego’ itu, yang akan gembira luar biasa mendapati satu dombanya kembali.” Ditegaskan dalam perumpamaan itu bahwa Allah tak menginginkan seorang pun lost contact dengan-Nya. Itulah pesannya.

Agak bergeser dari situ, orang bisa melontarkan pertanyaan “Siapa yang 1% itu ya?” dan menjawabnya atas dasar perang konsep yang disinggung kemarin: mereka yang murtad, yang ateis, yang tak bisa antri, yang mau memecah belah NKRI, yang mau makar, yang nyampah, yang ugal-ugalan, dan masih banyak lagi. Pokoknya bukan aku!
Sebaliknya, ada juga yang melihat diri sendiri sebagai yang 1% itu karena merasa diri kerap melanggar hukum, kerap bertengkar dengan tetangga, kerap minum minuman beralkohol, sering mengkonsumsi narkoba, mabuk-mabukan, dan sebagainya.

Dua-duanya keliru, Saudara-saudara! Kenapa? Karena keduanya memakai tolok ukur horisontal. Perumpamaan itu tidak bicara soal segmentasi horisontal antara 1% dan 99% domba (sehingga orang mesti berperang konsep mengenai siapa yang 1% dan 99%). Angka itu mau menunjukkan bagaimana relasi vertikal antara yang 1% dan gembalanya, yaitu Allah sendiri. Artinya, yang 1% itu adalah saya, Anda, dan mereka semua. Allah tak ingin lost contact dengan ciptaan-Nya.

Dalam sebuah kelakar dengan seorang santri, ia mengidentifikasi dirinya sebagai 1% domba yang hilang karena ia tidak beragama Katolik. Syukurlah, itu kelakar. Domba yang hilang tidak merujuk pada agama, etnis, preferensi moral, dan sebagainya. Domba yang hilang ialah mereka yang lost contact dengan Tuhan itu sehingga tak perlulah orang jadi naif dengan keyakinan bahwa agama itu menyelamatkan. Teks menginsinuasikan bahwa penyelamat itu ya gembala yang sableng itu, bukan agama, suku, budaya, dan sebagainya.

Orang tidak otomatis selamat hanya gara-gara memeluk agama Katolik, Protestan, Islam, Hindu, Buddha, dan sebagainya. Keselamatan itu bergantung pada relasi intim orang dengan Allahnya. Maka, naiflah orang yang berpikiran bahwa dirinya termasuk yang 99% hanya karena menjalankan perintah agama, aktif dalam kegiatan agama, banyak mendanakan kekayaannya untuk panti asuhan (apalagi kampanye politik), jadi pastor, jadi aktivis LSM, dan sebagainya.

Setiap orang punya kualitas 1% itu dan betapa bahagianya Allah (dan kita sendiri) jika kita keep in touch dengan-Nya. Amin.


SELASA ADVEN II
6 Desember 2016

Yes 40,1-11
Mat 18,12-14

Posting Tahun 2014: Tobatlah, Pak! Mau Sampai Kapan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s