DNA Siapa

Pun dalam diri anak-anak yang ada di panti asuhan, karena tak ada keluarga yang mengasuh, ada nuansa kerinduan akan keluarga. Ini saya rasakan ketika dulu saya beberapa kali berkunjung ke panti asuhan dan setiap kali hendak meninggalkan panti itu, anak-anak di sana benar-benar seperti merasa kehilangan sosok keluarga. Sementara ada sebagian pasutri yang dengan mudah bisa mengeluarkan uang puluhan juta rupiah untuk memproduksi anak, mereka yang di panti asuhan ini tetap terlantar dalam dunia tanpa silsilah. Tentu bisa saja kepada mereka disampaikan silsilah, bahwa mereka adalah keturunan Napoleon atau Einstein atau Gatotkaca, tetapi silsilah itu adalah omong kosong karena tak bersentuhan dengan dunia konkret mereka.

Allah yang transenden senantiasa mencari cara untuk dikenali juga dalam dunia konkret yang bersilsilah. Juga sebelum kelahiran Kristus, Allah merintis kedagingan-Nya dalam historisitas manusia. Tentu saja agenda pribadi Allah macam ini takkan tertangkap oleh manusia yang mengkorupsi sejarah ini melulu sebagai perkembangan rasionalitas manusia belaka.

Kembali kepada anak-anak panti asuhan yang kehilangan silsilah, atau serombongan anak yang mesti melakukan migrasi tanpa orang tua atau sanak keluarga karena situasi perang, orang dapat belajar bahwa ikatan keluarga yang dapat diandalkan ialah ikatan keluarga yang akarnya adalah sosok Kristus sendiri. Lagi, mentang-mentang ada Kristus, ini bukan soal agama (Kristen) Katolik, melainkan soal relasi fundamental antara yang ilahi dan yang duniawi. Maka, juga kepada anak-anak yang tanpa silsilah itu, orang dipanggil untuk memberi silsilah yang akarnya, yang struktur DNA-nya adalah cinta Allah itu sendiri.

Ya Allah, semoga harapan kami senantiasa diperkokoh dengan silsilah yang berakar pada kehendak-Mu untuk merealisasikan Diri dalam sejarah manusia. Amin.


HARI BIASA KHUSUS ADVEN
Sabtu, 17 Desember 2016

Kej 49,2.8-10
Mat 1,1-17

Posting Tahun Lalu: Panggung Sandiwara
Posting Tahun 2014: Friend Request from God

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s