Sahabat ‘Syaiton’

Konon begini kata seorang pertapa padang gurun: Kalau kamu bertengger dalam utak-atik-otak rasionalisasimu, kamu bisa jadi setan. Kalau kamu sedih, bisa jadi kamu anaknya. Kalau kamu khawatir akan banyak hal, kamu jadi jongosnya yang kerja rodi tanpa istirahat.

Itu pasti bukan pertapa dari Indonesia, tetapi begitulah ungkapannya kira-kira (bukan kura-kura ya). Memangnya kenapa toh kok rasionalisasi, kesedihan, dan kekhawatiran itu terkesan negatif, seolah-olah jadi lahan subur untuk syaiton bersaudara?

Kita lihat saja apa yang terjadi pada Zakharia dalam teks hari ini. Ia tampaknya sudah sekian lama mengajukan permohonan kepada Tuhan tetapi belum juga permohonannya terkabulkan sampai setua itu. Kok ya ngotot minta keturunan ya? Jelas, karena keturunan adalah simbol kuat akan berkat Tuhan pada zaman itu. Akan tetapi, ya itulah lucunya. Di satu sisi Zakharia terus menerus mengajukan doa permohonan, tetapi di lain sisi, sifat manusiawinya mendominasi sehingga ketika kabar dari malaikat itu datang, yang seharusnya menjadi kabar gembira malah jadi kabar yang mencemaskan dan menakutkan.

Dengan kata lain, rasionalisasi, kesedihan, kekhawatiran, juga ketakutan itu jadi blokade bagi warta gembira dan jadi sahabat karib syaiton. Tentu saja sangat manusiawi bahwa orang takut, sedih, khawatir, berasionalisasi; tapi kalau itu jadi lebay dan memblokade kabar gembira sehingga orang susah percaya, susah move on, susah mencemplungkan dirinya dalam proyek kabar gembira itu, yang manusiawi itu bisa mematikan karena sudah ditunggangi oleh syaiton.

Ya Tuhan, bantulah aku untuk melampaui rasa takut dan melibatkan diriku dalam rencana keselamatan-Mu. Amin.


HARI KHUSUS ADVEN
Senin, 19 Desember 2016

Hak 13,2-7.24-25a
Luk 1,5-25

Posting Tahun Lalu: Imam Dukun 
Posting Tahun 2014: Tong Kosong BerbuNyi NyiNyiR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s