Memeluk Kerapuhan

Film Insomnia menyodorkan sosok pribadi yang tak sanggup memeluk kerapuhannya. Baik Dormer maupun Finch sama-sama hendak merekayasa hidup supaya kebenaran tidak transparan, tidak terkuak, karena penguakan kebenaran itu mengorbankan masa depan karir mereka. Tentu saja, ‘mereka’ adalah kita, bukan karena kita memegang pistol dan membunuh orang lain, melainkan karena cara pengambilan keputusan kita sama dengan cara mereka mengambil keputusan: demi semakin besarnya kemuliaan gue!

Orang yang hendak membesarkan kemuliaan namanya, tidak akan membiarkan kerapuhan dirinya terkuak dan karenanya mesti mencari mangsa sebagai korban. Kalau memang benar Allah menjadi manusia, Ia tidak mencari mangsa sebagai korban, tetapi mengorbankan dirinya sebagai mangsa keangkuhan manusia lainnya. Menyorong-nyorongkan kerapuhan manusiawinya gitu? Tidak! Ia menyorongkan prinsip kebenaran, keadilan, belas kasih; dan orang-orang seperti inilah yang akan dihujat, dihantam oleh manusia-manusia yang tak bisa memeluk kerapuhan diri, keluarga, agama, suku, ras, dan sebagainya.

Kiranya beginilah pertanyaan yang bisa dilontarkan hari ini: seberapa tuluskah aku untuk menumbuhkan harapan, bersyukur, menghargai proses dengan jerih payahku, betapapun rapuhnya hidupku ini? Atau malah jangan-jangan aku mencari mangsa untuk dikorbankan: waktunya mepetlah, orang lain tak kooperatiflah, tugasnya terlalu beratlah, masih bisa ditunda besoklah, dan seterusnya.

Memeluk kerapuhan dalam rengkuhan rahmat Allah tak pernah berarti berkompromi dengan kerapuhan, tetapi menanggapi kebenaran ilahi bahkan meskipun ada banyak keinginan, cita-cinta, dan mimpi indah yang mesti dikubur dalam damai. Memang, dalam rahmat Tuhan, kerapuhan mana sih yang tidak jadi kekuatan?

Ya Allah, kami mohon rahmat yang cukup untuk mengelola kerapuhan kami supaya menjadi cermin kekuatan-Mu. Amin. 


HARI SABTU SESUDAH RABU ABU
13 Februari 2016

Yes 58,9b-14
Luk 5,27-32

Posting 2016: Solidaritas Pret 
Posting
2015: Mending Gak Usah Beragama

Posting 2014: Tobat: Equilibrium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s