Agama Uzur

Ada agama yang sangat getol dengan misi atau zending atau dakwah atau apalah istilahnya. Pokoknya, para pemeluk agama ini gencar memberikan pengajaran sehingga terjadi proselitisme: yang Islam jadi Katolik, yang Katolik jadi Kristen, yang Kristen jadi Islam, dan seterusnya. Semakin sukses melakukan proselitisme, semakin dianggap sebagai agama yang sejati (karena yang memercayainya jauh lebih banyak).

Teks bacaan hari ini bisa saja dipakai oleh sebagian orang Kristen yang punya visi misi membaptis sebanyak mungkin orang. Maklum, perintahnya jelas: Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Orang Kristen atau Katolik dengan visi misi seperti itu lupa bahwa dalam mandat itu tak disinggung soal agama, pun jika baptisan adalah inisiasi dalam agama Kristiani.

Dalam dunia majemuk yang sudah semakin terkoneksi ini, ekspansi unsur-unsur kelihatan dari agama (jumlah penganut, simbol, oplah cetakan Kitab Suci, pendapatan tempat ziarah, persepuluhan, dan sebagainya) justru rawan konflik dan penistaan agama yang bersangkutan. Mandat ekspansi agama adalah persoalan penyebaran Roh kebaikan yang tampak juga dalam nilai-nilai yang diperjuangkan, yang melampaui kesempitan sekat agama: mengusir manifestasi roh kejahatan, menangkap bahasa baru, penyembuhan orang sakit, dan sebagainya, ini bersifat terbuka bagi semua agama.

Maka tersesatlah (pemeluk) agama yang getol hendak memuliakan agamanya sendiri tanpa kontak dengan agama lain dalam sikap inklusif. Semakin kelompok agama membuat dirinya eksklusif (dengan uang, dengan kekerasan, dengan intimidasi), semakin kelihatan agama itu melakukan ‘bunuh diri’, semakin orang tak bersimpati pada agama. Kesalahan agama? Tentu bukan, melainkan kesalahan para pemeluknya, yang semestinya mewartakan nilai luhur daripada agama uzur.

Ya Allah, mohon rahmat ketekunan untuk menularkan warta gembira-Mu kepada segala makhluk-Mu. Amin.


PESTA ST. MARKUS
(Selasa Paska II)
25 April 2017

1Ptr 5,5b-14
Mrk 16,15-20

Posting 2016: Belajar Bahasa Nyuk!
Posting 2015: Tugasmu ‘Gampang’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s