Bangkit Dong

Those who belong to this world are dominated by the abuse of possession, greed, accumulation and pride of power. Karena itu, barangkali bisa dikatakan bahwa semakin orang dibenci mereka yang jelas begitu ambisius dengan aneka kepemilikan, akumulasi kekuasaan, semakin ia punya alasan untuk melihat bahwa tampaknya ia sedang berjalan dalam koridor kebenaran, yang mengatasi ‘dunia ini’; dan kalaupun dibenci orang yang tak punya ambisi seperti itu, ia tak perlu cemas karena orang baik itu tak membenci orang jahat. Jadi, pokoknya tak perlu khawatir kalau Anda dibenci orang lain, hahaha… omong apaan sih Mo? Ya mboh.

Bacaan hari ini menyajikan pesan Yesus pada murid-muridnya: kalau dunia membenci kamu itu, ingat saja bahwa dunia terlebih dahulu membenci aku. Jadi gak usah lebay playing the victim gitu deh, apalagi sampai mesti kabur ke luar negeri segala, haha… Hadapi saja itu semua dengan segala keyakinan dan kesetiaan kepada Allah sendiri dan ikuti sang model yang terlebih dahulu dibenci dunia. Tak perlulah juga membuat gelombang demo besar-besaran untuk membebaskan si korban betulan wong dianya juga sudah ikhlas.

Kebangkitan Nasional kok rasa-rasanya jadi cupet kalau cuma dimaknai dengan tuntutan untuk membebaskan si korban dari metropolitan ini. Kebangkitan Nasional memang lebih cocok dibuat untuk membangkitkan nilai-nilai kebangsaan dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Itu lebih simpatik dan kondusif. Terhadap mereka yang terus mengedepankan agenda politik identitas, tinggal ikuti saja bagaimana sang model itu menghadapinya: dengan mendoakan mereka karena mereka tak tahu apa yang mereka perbuat.

Ya Allah, mohon rahmat supaya kami pun mengerti mana kala kami juga tak tahu apa yang kami perbuat. Amin.


SABTU PASKA V
20 Mei 2017

Kis 16,1-10
Yoh 15,18-21

Posting Tahun 2016: Kaku-kaku Lemes
Posting Tahun 2015: Seluruh Dunia Setuju Hukuman Mati

Posting Tahun 2014: Spiritual Being Having Human Experience

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s