Pasrah Cak Lontong

Andai saja kepasrahan itu adalah keutamaan yang digambarkan oleh Cak Lontong, mungkin beriman senantiasa gampang: memasrahkan tanggung jawab kita kepada pihak lain, entah mertua, dosen, pemerintah, pejabat, tukang parkir, polisi, dan sebagainya. Sayangnya, beriman justru adalah bentuk pengambilan tanggung jawab terhadap hidup yang dianugerahkan bagi kita: dengan segenap hati, dengan segenap jiwa, dan dengan segenap akal budi. Pengambilan tanggung jawab seperti ini, ironisnya, mengandaikan kepercayaan kepada Allah.

Itu mengapa para murid Yesus pun tak sanggup mengusir setan. Berlagak hendak mengambil tanggung jawab, tapi tak punya cukup kompetensi untuk melakukannya. Kenapa? Karena kompetensi di sini jelas bukan pertama-tama soal kemampuan manusiawi yang bisa dilatih seperti orang yang hendak mengikuti pertandingan olah raga. Ini adalah kompetensi rohani yang dipupuk bukan dengan sikap arogan ala oknum-oknum berpangkat rendah atau berpengetahuan dangkal, melainkan dengan kerendahan hati dan relasi autentik dengan Allah.

Susahnya lagi: mana ada orang yang punya kompetensi rohani mengklaim dirinya kompeten dalam kerohanian? Orang rendah hati tentu tidak menonjolkan kerendahan hatinya, sebagaimana orang tulus tidak akan menggembar-gemborkan ketulusannya. Saya ingat bagaimana dulu pada masa orba pendekatan kritis senantiasa membaca pernyataan pemerintah sebagai topeng wajah yang kontras: kalau pemerintah mengatakan tidak ada agenda apa-apa dengan proyek ini itu, maka sesungguhnya malah ada agenda tertentu dengan proyek itu.

Ya Allah, mohon rahmat supaya kami semakin mampu percaya kepada-Mu dengan segenap hati, segenap jiwa, dan segenap akal budi. Amin.


HARI SABTU BIASA XVIII A/1
12 Agustus 2017

Ul 6,4-13
Mat 17,14-20

Sabtu Biasa XVIII B/1 2015: Iman Lemah, Kerasukan
Sabtu Biasa XVIII A/2 2014: Jangan Tidur Melulu Dong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s