Apa Nazarmu?

Kalau memang Tuhan menyembuhkan orang, Dia menyembuhkannya supaya orang itu dimampukan untuk melayani sesama. Begitu kira-kira salah satu pesan yang bisa saya petik dari cuplikan kisah hari ini, ibu mertua Petrus yang segera bangun dan melayani orang-orang yang mengunjunginya. Tak mengherankan bahwa orang sakit bisa membuat nazar yang mesti terarah pada kebaikan, yang ujung-ujungnya berdampak pada kebaikan orang lain juga. “Ya nanti saya akan nyumbang panti asuhan deh.” “Saya tak akan ugal-ugalan lagi di jalan.” Jarang ada kan orang sakit berdoa dan membuat nazar untuk berbuat jahat? Kalau ia bernazar untuk berbuat jahat, tentu ia tidak berdoa, tetapi berdosa.

Menyembuhkan orang tentu saja tak terbatas pada mengusir flu, pilek, batuk, encok, kanker, jantung, stroke, asam urat, dan sebagainya. Pokoknya, kalau Tuhan menyembuhkan, itu artinya juga Dia menguak potensi kebaikan, kebajikan orang, yang tak perlu dimengerti sebagai kebaikan dalam segala hal. Barangkali ya cuma kemampuan dalam satu dua hal, tetapi pokoknya kemampuan itu memberi dampak kebaikan bagi sesama. Oleh karena itu, kesembuhan atau kemampuan spesial yang dimiliki orang sebagai pemberian Tuhan ini pasti tak dimaksudkan supaya berhenti pada got talent yang memukau penonton. Ya syukur kalau bisa memukau penonton dan penontonnya kemudian membuat Tuhan terpukau.

Itu mengapa kalau saya menonton tayangan ‘mukjizat’ yang bisa dilakukan orang saya terpukau sebentar lalu bertanya “Njuk ngopo?” alias “So what?” dan pertanyaan itu takkan berhenti sampai kehebohan itu membawa kebaikan bagi kepentingan umum.

Ya Allah, buatlah kami semakin mampu menjawab pertanyaan apa yang dapat kami perbuat bagi kebaikan dunia, dan bukan apa yang bisa dunia berikan bagi kebaikan kami saja. Amin.


HARI RABU BIASA XXII A/1
6 September 2017

Kol 1,1-8
Luk 4,38-44

Rabu Biasa XXII C/2 2016: Tuman
Rabu Biasa XXII B/1 2015: Kalau Sembuh Trus Ngapain
Rabu Biasa XXII A/2 2014: You are God’s Co-Worker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s