Pemimpin Transformer

Tak perlulah orang beriman minta karunia supaya bisa membangkitkan orang mati. Ngeri juga kan kalau njuk bisa membangkitkan korban pembunuhan massal 1965 dan mereka memberikan kesaksian siapa otak pembunuhan massal itu! Pasti bangsa ini lebih gaduh karenanya daripada karena OTT KPK. Cukuplah orang beriman mohon supaya diberi kekuatan untuk merealisasikan belas kasih Allah seperti ditunjukkan dalam teks bacaan kedua hari ini: belas kasih yang memungkinkan transformasi dari kematian ke kehidupan.

Transformasi ini barangkali juga bisa dimengerti dari bacaan pertama. Isinya kan kriteria yang diberikan Paulus untuk memilih orang yang bisa jadi pemimpin dan di situ dikesankan bahwa pemimpin itu tidak pertama-tama berkenaan dengan kemampuan manajerial. Hanya disebutkan soal kecakapan mengajar (dengan tetek bengek silabus, RKS, RPP dan lembar evaluasainya barangkali) dan mengepalai keluarga. Jauh lebih banyak disinggung soal karakter pemimpin: integritas moral dan kualitas pribadi yang bisa diteladan, bukan pemabuk, menduakan istri (tentu juga berarti menduakan suami), dan seterusnya. Singkat kata, pribadi yang transformatif itu lebih menunjuk pada karakter mulia daripada ketrampilan tingkat dewa.

Paulus sendiri tampaknya bisa dilabeli sebagai pemimpin transformatif, lebih daripada manajer sepak bola [meskipun tentu saja bisa juga manajer sepak bola itu berkarakter pemimpin transformatif]. Pokoknya ya itu tadi, orang beriman semestinya lebih berfokus pada adopsi karakter mulia lebih daripada ketrampilan-ketrampilan yang bisa membuatnya naik daun [daun apa toh yang bisa dinaiki? Ya daun yang di bawah].

Ya Tuhan, mohon rahmat supaya kami mampu mengadopsi belas kasih-Mu yang dapat mentransformasi hidup kami dan sesama. Amin.


SELASA BIASA XXIV A/1
19 September 2017

1Tim 3,1-13
Luk 7,11-17

Senin Biasa XXIV C/2 2016: Allah Absurd?
Senin Biasa XXIV A/2 2014: Mendua Hati Bikin Galau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s