We All Feel Better in the Dark?

Transparansi adalah hal yang paling dibenci koruptor; koruptor dalam arti apapun, kalau memang koruptor itu berarti. Orang macam ini mungkin klop dengan judul lagu Pet Shop Boys: We All Feel Better in the Dark. Orang yang sedikit lebih suci akan menyangkalnya dan menegaskan bahwa ia suka dalam terang karena ia adalah anak terang. Tuhan tidak suka anak gelap; Dia tak suka kegelapan!

Mosok sih? Apa Tuhan memang tidak suka kegelapan? Kalau dari teks hari ini ya tidak dibilang begitu, malah mungkin sebaliknya: Dia tidak membenci kegelapan, tetapi meneranginya. Tapi ya sudahlah, itu kan ungkapan-ungkapan heuristik yang tentu tidak menunjuk fakta bahwa Tuhan suka ini benci itu. Kalaupun Dia suka ini atau benci itu, akhirnya toh manusia ikut menentukan juga nasibnya. Bukan berarti kalau Tuhan gak suka njuk yang tidak disukainya itu lenyap atau tak terjadi; begitu juga sebaliknya.

Maka, poinnya bukan apakah Tuhan suka kegelapan atau tidak, melainkan bahwa Dia menerangi kegelapan. Karena itu, orang beriman, seturut teks hari ini, ya tidak luculah kalau suka dengan kegelapan dan melenyapkan dirinya dalam kegelapan itu. Orang beriman ikut menyukai kegelapan untuk meneranginya. Tak mengherankan bahwa orang beriman jumlahnya jauuuuh lebih sedikit daripada orang beragama. Dari sekian koruptor yang ditangkap itu, siapa sih yang tak beragama (wong di Indonesia itu beragama hukumnya wajib)? Mereka (semua) punya agama, tetapi tak punya cukup iman untuk hidup melawan arus kemudahan hidup karena uang pelicin dan sejenisnya.

Ya Allah, mohon rahmat supaya kami mampu fokus untuk membawa terang-Mu dalam kegelapan hidup yang tunggang langgang ini. Amin.


SENIN BIASA XXV A/1
25 September 2017

Ezr 1,1-6
Luk 8,16-18

Senin Biasa XXV C/2 2016: Koruptor, Motivator, Provokator
Senin Biasa XXV A/2 2014: Sorry, I have no time to pray

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s