Selamat (Jaga) Malam

Ini sudah malam dengan mata yang maunya cepat terpejam, tapi setelah bayar lunas hutang pe er ternyata masih ada hutang lain yang belum dilunasi: ketak-ketik di blog ini. Lha opo cak wong arep turu bacaannya malah tentang siap siapa, berjaga-jaga! Ini sudah lima watt.

Mungkin siap siapa dan jaga-jaganya bukan dalam arti apel siaga ala pramuka ya jadi sambil kriyap-kriyip matanya juga gak apa-apalah. Empat setengah watt!

Bersiaga saja supaya tidak kewowogen hiruk pikuk harian, kerja ini itu, tugas ini itu, pe er ini itu, permintaan ini itu, jajan ini itu (eh kalau itu kategorinya beda dhing). Kewowogen itu apa ya? Silakan cari di internet deh kalau mau, tapi itu bisa juga dimengerti dengan indikator begini: kalau sampai kesibukan harian itu menghambat jiwa untuk menggapai diri ini, barangkali saat itulah kita kewowogen. Kalau orang teralienasi dari dirinya sendiri, ya berarti dia kewowogen. Tiga watt!

Ya wislah tidur aja. Yang penting consciencenya tidak ikut tidur. Halah gimana sih wong namanya tidur ya tidur, mosok bersyarat consciencenya jangan ikut tidur! Dua watt!

Ya gak juga sih. Konon, seorang ibu (mungkin mahmud belum mengalaminya, atau sudah, entahlah, saya bukan mahmud) yang tidur, lebih peka terhadap nafas bayinya daripada suara pesawat terbang yang jauh lebih keras. Satu watt!

Dah… wong ngetik kok diwatt-wattin!

Tuhan, semoga hati kami tetap tersedia untuk kemuliaan-Mu, juga dalam tidur kami. Amin.


HARI SELASA BIASA XXIX A/1
24 Oktober 2017

Rm 5,12.15b.17-19.20b-21
Luk 12,35-38

Selasa Biasa XXIX B/1 2015: PHP Tuhan
Selasa Biasa XXIX A/2 2014: Dengar Dia Panggil Namamu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s