Nobody Loves Me

Pujian dalam bacaan hari ini bisa saja mengundang tanya: kerendahan hati kok dikoar-koarkan. Namanya bukan kerendahan hati dong. Pujian yang didaraskan Maria jelas menunjukkan obralan kerendahan hatinya: segala keturunan akan menyebutnya bahagia. 

Tapi kata tetangga saya, pada teks asli Yunani ada kata “tepeinós” yang berarti secara literal adalah orang miskin, “bukan siapa-siapa”. Barangkali malah arti itu bisa dipakai untuk menafsirkan pujian kegembiraan Maria: pujiannya adalah representasi kemampuan besar untuk membesarkan nama Allah. Pujian Maria ditujukan kepada Allah bukan saja karena Dia memang mahabesar, melainkan karena kemurahan, kerahiman hati yang tak terbatas.

Tentu saja Maria sadar diri bahwa dia ‘hanyalah’ makhluk ciptaan; maka memang dia ya ‘nobody’, ‘nothing’, bukan siapa-siapa. Kerennya, kesadaran akan bukan siapa-siapa itu diarahkannya untuk memuliakan Allah. Lha ini refleksi bagi Anda yang suka merasa diri ‘nothing’, ‘nobody’, bukan siapa-siapa. Kesadaran diri Maria sebagai ‘nobody’ itu tidak berhenti di sana, tetapi berlanjut jadi utuh: bukan siapa-siapa, tapi dicintai Allah; nobody tapi Allah mencintainya.

Ada kalanya orang yang terpuruk pada ke-nothing-an itu berhenti dan semakin terpuruklah ia ke dalam kompleks rendah diri, curigation, ‘nobody loves me’, tetapi lupa bahwa Allah juga ‘nobody’. Yang artinya: Dia mencintai aku, Anda, kita, dan mereka. 

Ya Allah, mohon rahmat supaya kami mampu semakin membesarkan nama-Mu juga dari kenyataan bahwa kami bukan siapa-siapa. Amin.


HARI KHUSUS ADVEN
Jumat, 22 Desember 2017

1Sam 1,24-28
Luk 1,46-56

Posting 2016: Tan Telolet Tan
Posting 2015: Mahmud Bergiranglah

Posting
2014: Joged karena Bayi Tabung?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s