Tobat Jadi Presiden

Penulis teks bacaan hari ini menyodorkan latar waktu dengan menyebut tujuh nama orang besar yang tercatat dalam historiografi kolonial Romawi: Tiberius, Pontius Pilatus, Herodes, Filipus, Lisanias, Hanas, dan Kayafas. Itu artinya sekitar tahun 27 Masehi. Sebagai keterangan waktu kok kesannya lebay karena sebetulnya cukup disebutkan tahun ke-15 Tiberius berkuasa. Penyebutan enam nama lain mestinya memuat maksud tertentu. Saya sendiri tak tahu apa maksud penulisnya tetapi saya menangkap beberapa pesan.

Pesan pertama: yang dinarasikan penulis itu bukanlah cerita fabel, mitos, atau legenda, melainkan sosok pribadi yang sungguh hidup dalam konteks tertentu, bicara dengan orang tertentu, di bawah administrasi penguasa politik tertentu, pemuka agama tertentu, dan sebagainya. Dengan demikian, intervensi Allah, sabda-Nya dalam dunia bukanlah mitos, legenda, atau folklor lainnya, melainkan peristiwa historis yang melibatkan aneka macam manusia konkret.

Pesan kedua: angka tujuh bermakna totalitas. Maka, seluruh hidup, baik yang profan (yang ditata Tiberius sampai Lisanias) maupun yang sakral (yang dikepalai Hanas dan Kayafas) itu terlibat dalam dunia baru yang diwartakan teks hari ini. Gak ada ceritanya yang urus dunia sakral (ketua kelompok sel, koster, prodiakon, imam, suster, uskup, paus, dan pemuka agama lainnya) itu sudah hidup dalam dunia baru, seakan-akan asal sudah bersentuhan dengan agama (apalagi berlabel baptis roh) njuk hidupnya sakral. Mbèlgèdhès! Semua saja disodori dunia baru: misteri intervensi Allah dalam dunia. Kalau tidak, orang tergila-gila dengan yang profan, rebutan blok rokan, gontok-gontokan untuk kursi dewan, atau malah bersembunyi dalam bilik sakral, yang malah bisa memupuk sakit mental ala kaum fundamental. Dua-duanya tak membawa orang berpartisipasi dalam misteri relasi Allah dengan ciptaan-Nya.

Pesan ketiga: intervensi Allah dalam sabda-Nya tidak disampaikan kepada tujuh orang besar tadi, tetapi kepada Yohanes, anak Zakharia, yang jauh dari hiruk pikuk kepentingan power relation. Ia meminta semua orang bertobat dan dibaptis bukan sebagai proses inisiasi masuk ke dalam agama tertentu (yang bisa seenak wudêlnya menghakimi kepercayaan lain sebagai primitif mundur terbelakang), melainkan inisiasi masuk ke dalam relasi baru dengan Allah sehingga orang dimerdekakan dan dapat sungguh hidup seturut martabat yang dikehendaki Allah: orang merdeka menjadi dirinya sendiri karena relasi pribadinya dengan Allah. Guru dari Nazareth adalah salah satu contoh orang yang dibaptis oleh Yohanes.

Apa yang memungkinkan intervensi Allah masuk dalam kultur manusia kalau bukan ketersediaan manusia sendiri untuk bertobat? Wujud tobat setiap orang bisa berbeda, bergantung pada medan hidupnya di mana. Akan tetapi, dalam tahun politik ini, menurut saya, pertobatan pada pokoknya merujuk pada transformasi manusia tribal menjadi manusia universal.
Manusia tribal mati-matian memperjuangkan Jokowi satu periode lagi, tetapi manusia universal bisa melihat Jokowi sebagai pilihan minus malum supaya bonum commune tidak dicabik-cabik oleh manusia tribal nan korup yang haus harta dan kekuasaan.
Itu adalah dua fokus, dua hal yang berbeda, meskipun hasilnya bisa sama (jokowi #2019nantipresiden). Kalau Anda mengerti perbedaannya, Anda bisa mengevaluasi apakah gambar di bawah ini contoh slogan manusia tribal atau manusia universal.

Anda dan saya dipanggil untuk merealisasikan intervensi Allah dalam dunia: mengupayakan keadilan, kejujuran, sikap ksatria, tanggung jawab, sejak dalam pikiran. Semoga Tuhan membantu upaya tobat ini. Amin.


HARI MINGGU ADVEN II C/1
9 Desember 2018

Bar 5,1-9
Flp 1,4-6.8-11
Luk 3,1-6

Posting 2015: Allah Menipu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s