Bikin Gaduh Artinya…

Saya punya teman tetangga kamar yang pintar, dan karenanya rendah hati, yang menjawab misteri perayaan Gereja Katolik hari ini bahkan saat ia kelaparan! [Saya kalau kelaparan cuma bisa jawab dengan ‘burjo’ atau ‘intel goreng’.] Konsep Maria Immaculata (baca imakulata, artinya tak bernoda) biasanya jadi bahan perdebatan berkenaan dengan dosa asal. Padahal, doktrin itu sebetulnya ‘cuma’ ikhtiar manusia untuk memahami bagaimana kejahatan bisa masuk dalam hidup ini. Tentu saja aneka penjelasan bisa diberikan. Sudah saya singgung pada posting tahun 2015 (Yang Mulia Betulan) dan 2014 (Takut Dosa, Emang Perlu Gitu?).

Teman saya tadi dalam kelaparannya menjawab pertanyaan mengenai Maria Immaculata secara brilian: Immaculata itu adalah nama baptisnya Maria. [Betul kan, yang memberi nama baptis itu Paus Pius IX.] Itulah jawabannya pada saat kelaparan. Cerdas, bukan?
Setelah kenyang, ia menjelaskan,”Tadi saya cuma bercanda.” Hahaha.
Njuk kalau gak bercanda jawabnya gimana? Wanda’ tau saya, silakan tanya sendiri ya.

Saya tertarik melihat narasi dalam teks hari ini: Malaikat Gabriel diutus Allah memberi kabar kepada Maria dan setelah selesai menjalankan tugasnya, Gabriel meninggalkan Maria. “Yaaaa, ditinggaaaaal!” Betul. Malaikat itu tak selamanya menemani Maria karena tugasnya memang cuma menyampaikan berita. Mungkin ada malaikat lain yang punya job menemani Maria sampai wafatnya, tetapi pokoknya Gabriel meninggalkan Maria sendirian. [Semoga ini bukan alasan untuk menganut paham deisme: Allah pencipta yang absen dari hidup konkret manusia.]

Menariknya, Gabriel meninggalkan Maria sendirian hanya setelah Maria mengatakan Fiat mihi secundum verbum tuum (bacanya ‘fiat miki sekundum verbum tu-um’, terjadilah padaku menurut perkataanmu). Malaikat memberi janji tetapi setelah Maria menyatakan ikhtiarnya, Gabriel pergi meninggalkan Maria dalam kesendirian. Serius, saya tak tahu apakah kejadiannya memang betul begitu, tetapi kebenaran narasi seperti ini tidak terletak pada historisitas yang terukur dengan carbon/C-14 dating. Kebenaran narasi ini terletak pada koneksinya dengan pembaca zaman now.

Tampaknya, dari dialog Gabriel dan Maria bisa diketahui bahwa Maria ‘cuma’ tahu bahwa tak ada yang impossible bagi Tuhan, sehingga ia berserah kepada-Nya. Betapa Islamnya Bunda Maria ini! Di situlah terlihat bagaimana dua kehendak bertemu: kehendak Allah Yang Mahabesar dan kehendak perempuan sederhana, yang ilahi dan insani berkelindan membangun satu kisah: misteri Allah yang senantiasa hendak menyelamatkan jiwa manusia ciptaan-Nya.

Dalam misteri itulah Maria tinggal dalam kesendirian, kesunyian, keheningan. Batinnya bisa jadi bergejolak, tetapi gejolak itu tidak membuat kegaduhan karena ujung-ujungnya senantiasa adalah doa [dan ini pasti bukan doa sebelas juta umat #lohkatanyagakmausinggunglagi].

Dibutuhkan orang-orang seperti Maria ini dalam dunia yang kehilangan kemampuan untuk mengontemplasikan kehidupan yang penuh berkat. Dunia dengan peradaban gaduh ini punya banyak waktu untuk ritual megah ala stadion internasional, tetapi tak punya waktu doa hening. Tanpa keheningan, ya mau apa lagi, takkan ada disposisi mendengarkan. Pokoknya bikin gaduh di sana sini, supaya kuasa bisa direbut, eaaaa….

Ya Allah, mohon rahmat keheningan supaya dalam kegaduhan dunia ini kami tetap mampu menangkap pilihan yang klop untuk memuji nama-Mu dan memuliakan kemanusiaan. Amin.


HARI RAYA SP MARIA DIKANDUNG TANPA NODA
(Sabtu Adven I)
8 Desember 2018

Kej 3,9-15.20
Ef 1,3-6.11-12

Luk 1,26-38

Posting 2017: Ya Ampun Donald
Posting 2016: Masih Adakah Harapan?
 

Posting 2015: Yang Mulia Beneran

Posting 2014: Takut Dosa, Emang Perlu Gitu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s