DiSKriminAsi, Go Away!

Ini masih lanjutan dari dokter spesialis apa saja yang kemarin disinggung, dr. Gusti Allah, Sp.AS, yang sudah tahu sakit orang bahkan sebelum orang menyadarinya. Lha, kualitas lain yang ditunjukkan dokter itu hari ini ialah bahwa kedatangan atau kehadirannya itu menepis diskriminasi, merelatifkan social conditioning yang ditanamkan masyarakat kepada generasi penerus. Kok isa menyimpulkan begitu? Bukan kesimpulan sih, ini cuma intuisi.

Bacaan hari ini cerita bagaimana perempuan-perempuan membantu rombongan dokter itu dengan kekayaan yang mereka miliki. Itu artinya kekayaan, yang kemarin-kemarin disinggung sebagai faktor yang bisa mempersulit peziarahan hidup rohani (dan jasmani) orang, ditunjukkan di sini sebagai sarana pendukung. Artinya, kekayaan atau kemiskinan bukanlah hal mutlak yang mesti disingkiri atau dikejar. Pokoknya kalau layak dipakai ya pakai saja sebagai sarana ya. Kalau tidak ya tak usah ngoyoworo. Poinnya tidak terletak pada kekayaan atau kemiskinannya sendiri, tetapi pada apa yang disasar oleh kemiskinan atau kekayaan itu.

Balik ke kekuatan transformatif dokter spesialis apa saja itu, diskriminasi lenyap. Perempuan bisa jadi murid. Pendosa yang bertobat bisa join dalam pesta surgawi. Semua saja boleh join kok. Lha kalau masih ada diskriminasi, apa ada kekuatan transformatif itu? Ada, tetapi cuma tinggal sebagai potensi, tidak operasional dalam hidup orang. Jadi, kembali lagi persoalannya ke orang sendiri: mau menampilkan dokter Gusti Allah yang mengikis diskriminasi atau mau mempertontonkan Allah yang menebar diskriminasi dan stigma yang mengaduk-aduk emosi orang lain dengan mengungkit kembali isu setengah abad lalu tanpa ketulusan hati melihat peristiwa dengan kepala dingin.

Ya Tuhan, semoga kami dengan apa yang kami punya dapat membawa aura kerajaan-Mu bagi sesama. Amin.


HARI JUMAT BIASA XXIV A/1
22 September 2017

1Tim 6,2c-12
Luk 8,1-3

Jumat Biasa XXIV C/2 2016: Agama Sampah
Jumat Biasa XXIV B/1 2015: Fight The Good Fight
Jumat Biasa XXIV A/2 2014: Perempuan Itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s