Hidup Baru

Gereja Katolik senantiasa menempatkan tahun baru dalam masa Natal. Lha ya cetha wong masa Natal itu berlangsung sejak 25 Desember sampai katakanlah pesta epifani sekitar tanggal 6 Januari. Jadi, 1 Januari pasti ada pada masa Natal. Tapi jangan khawatir, 1 Januari tidak beragama Kristen atau Katolik. Jangankan 1 Januari, 25 Desember pun tidak beragama Kristen atau Katolik kok.

Kalau Gereja Katolik menetapkan 1 Januari sebagai Hari Raya Santa Maria Bunda Allah, itu juga tak perlu dimengerti bahwa Maria adalah Bunda Allah seperti Bu Handayani adalah bunda saya. Sudahlah, tak usah meributkannya, lebih baik kita belajar saja hikmah apa yang bisa diambil dari situ.

Ini adalah Natal sejauh ditinjau dari kacamata Maria sebagai bunda dari anak yang dikandungnya sembilan bulan. Jauh hari sebelum Maria diberi atribut Bunda Allah, ia terlebih dahulu ialah murid Tuhan sendiri. Lha kok isa anaknya sendiri masih bayi sudah punya follower? Tentu bisa, karena menjadi murid bukan cuma urusan menunggu apa yang disuruhkan oleh gurunya. Maria sudah terlebih dahulu menjawab ‘ya’ terhadap panggilan Tuhan. Itu mengapa beliau juga menjadi murid.

Siapa gurunya? Ya siapa lagi kalau bukan sosok yang jauh hari sudah dipersiapkan namanya: Allah beserta kita. Maka, menghayati hidup dalam penyertaan Allah juga bisa jadi pe er bagi umat beriman yang menjadi murid. 

Selain sosok Maria, dalam teks hari ini juga ditampilkan para gembala yang datang kepada bayi Yesus. Mereka pun jadi murid dengan cara berbeda: menyampaikan visi mengenai bayi Yesus itu, sebagai dunia yang melampaui hidup profan ini. Barangkali begitulah juga menjadi murid zaman now: menyampaikan, menampakkan dunia sono, dunia yang melampaui keterbatasan hidup fisik ini.

Ya Allah, mohon rahmat supaya kami memiliki kebaruan hidup. Amin.


HARI KEDELAPAN OKTAF NATAL
Hari Raya Santa Maria Bunda Allah
Senin, 1 Januari 2018

Bil 6,22-27
Gal 4,4-7

Luk 2,16-21

Posting 2017: Damai Aja Bang
Posting 2016: Tahun Haram

Posting 2015: Pernah Serius Mikir?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s