Anak Siapa Ini?

Baik teks suci Islam maupun Kristiani menyatakan bahwa Guru dari Nazareth tidak muncul ke dunia karena sexual intercourse antara Maria dan laki-laki mana pun. Dalam teks bacaan hari ini, laki-laki yang terhubung dengan Maria, namanya Yusuf, Ucup, Yosef, atau Ocep, hanyalah semacam rantai pengunci Maria dengan trah Abraham. Lha kenapa mesti dihubungkan dengan trah Abraham sih? Apa pentingnya trah Abraham?

Sebetulnya gak ada pentingnya untuk Anda sih, kecuali Anda beragama Yahudi. Penulis teks suci Kristiani itu mau menegaskan bahwa Guru dari Nazareth itu terhubung dengan Abraham, sebagai Bapa Para Bangsa yang diberi janji Allah dari keturunannya. Lha kalau nyatanya Maria tak terhubung dengan Abraham, gimana nyambungnya dong kalau bukan dengan ikatan perkawinan? Celakanya, ikatan perkawinan Maria dan Yosef ini tidak menjamin hubungan darah antara trah Abraham dan Yesus. Mari kita lihat.

Saya tertarik dengan teks Latin yang seakan-akan membuat pembedaan narasi genealogi sebelum dan sesudah Yosef dari trah Abraham. Dituliskan begini: Iacob autem genuit Ioseph virum Mariae de qua natus est Iesus qui vocatur Christus. Kata genuit (bacanya jenuit) dalam teks Indonesia diterjemahkan dengan kata memperanakkan. Yang menarik saya, Ioseph tidak memperanakkan, tetapi namanya diberi keterangan jadi Ioseph virum Mariae, dalam bahasa Indonesia jadinya: Yakob lalu memperanakkan Yosef ‘lakinya’ Maria, atau Yosefnya Maria gitulah, bukan Yosefnya Veronika atau Stella atau Iriana atau yang lain. Kemudian, tidak juga dituliskan Maria memperanakkan Yesus, tetapi keterangan tambahan dari Yosefnya Maria tadi: yang darinya lahir Yesus.

Kalau mempertimbangkan teks suci Islam, jelas poin pentingnya ialah bahwa Maria jadi medium Allah untuk manusia baru yang lahir bukan karena hukum biologis atau fisiologis. Jadi, entah manusia baru ini terhubung dengan trah Abraham atau tidak, tidak relevan untuk saya dan mungkin untuk Anda. Penulis teks Matius punya kepentingan untuk meyakinkan orang Yahudi bahwa Yesus itu dari garis keturunan Abraham sehingga dia itu benar-benar Mesias yang dijanjikan Allah kepada Abraham, supaya mereka percaya kepada Yesus itu. Lha untuk saya itu gak relevan. Entah dia keturunan Abraham atau tidak, kalau hidupnya inspiratif sebagai guru, ya saya ikuti. Kalau tidak, hambok gelarnya Mesias, Kristus, Nabi, Anak Allah atau apa lagilah, ngapain ngikut? Ogahlah yaw

Begitulah, silsilah yang disodorkan teks hari ini tak ada relevansinya bagi saya meskipun nama-nama besar orang Yahudi disebut. Bukannya saya tak mengakui kebesaran tokoh-tokoh itu, tetapi memang jelas kok Yesus tak terhubung dengan nama-nama besar orang Yahudi itu selain demi kepentingan politik identitas penulis teksnya. De facto, Guru dari Nazareth tidak memilih jadi bagian nama-nama besar itu. Ia lahir dari orang biasa yang tahu bagaimana menjawab “ya” terhadap panggilan Allah, bukan panggilan ideologi tribal agama yang eksklusif.

Sabda jadi daging melalui Maria dan manusia lainnya yang menjawab “ya” terhadap panggilan Allah yang tertera dalam hati. Maka, lupakanlah silsilah, tapi jangan lupa kerja samanya: tak bertegar hati kalau kemanusiaan ternista entah oleh politik atau agama. Semoga di masa khusus Adven ini semakin banyak makhluk yang connect dengan Allah yang senantiasa hendak menegaskan kehadiran-Nya. Amin.


HARI BIASA KHUSUS ADVEN
Senin, 17 Desember 2018

Kej 49,2.8-10
Mat 1,1-17

Posting 2016: DNA Siapa
Posting 2015
: Panggung Sandiwara

Posting 2014: Friend Request from God

 

2 replies

  1. Sy berasal dari gereja apostolik, silsilahnya jelas, hirarkinya, suksesinya, tahbisannya, bisa dirunut sampai para rasul,
    Mirip gak dg renungan diatas?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s