Touch-scream

You make sense of suffering only if you combine it with love. Ungkapan ini tidak untuk dipikirkan. Katanya masa liburan, jangan banyak mikir. Maka biarlah ungkapan itu dirasa-rasakan saja. Sayangnya, ungkapan itu cuma bisa dirasakan oleh orang yang punya kesadaran akan cinta. Yang tidak punya, biasanya cuma bisa mengeluh, berteriak, mengutuk, bersumpah serapah, cari kambing hitam, mengumpat Tuhan, dan bersembunyi dari tanggung jawab yang sewajarnya dia ambil.

Maka dari itu, tinggal cari saja dalam hati Anda, Herodes yang bersembunyi di sana, dengan semua kampanye dan main kuasanya, keirihatian dan pelecehannya. Barangkali dengan membuka kedoknya, melihat kejahatan dalam hati itu, Anda menemukan Tuhan yang rupanya juga bersembunyi di sana tetapi tidak lari dari tanggung jawab.

Salah satu surat Paus Fransiskus dua tahun yang lalu kepada para rekan uskupnya menyinggung seruan, erangan, teriakan yang sebetulnya bahkan hari ini masih dapat kita dengar, yang menyentuh jiwa, yang oleh manusia sejati takkan diabaikan atu dibungkam: beratnya prostitusi dan eksploitasi (bdk. human trafficking), kedamaian yang dihancurkan oleh peperangan dan banyaknya (forced) displaced persons yang ditimbulkan oleh peperangan itu. 

Jangan lupa, peperangan tidak melulu identik dengan bedil dan senjata. Masih ada sekelompok orang yang melakukan perang agama dengan senjata psikis: diskriminasi karena ideologi agama dan keyakinan orang. Tentu saja, diskriminasi itu ada sudah sejak dalam pikiran.

Tuhan, bebaskanlah hati kami dari diskriminasi. Amin.


PESTA KANAK-KANAK SUCI
(Hari Keempat Oktaf Natal)
Jumat, 28 Desember 2018

1Yoh 1,5-2,2
Mat 2,13-18

Posting 2017: Kayak Sinetron
Posting 2016: Beternak Herodes
 
Posting 2015: The Source Awakens

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s