Real Count FC

La realtà è superiore all’idea (bdk. dokumen Evangelii Gaudium) alias kenyataan lebih unggul daripada gagasan atau, kalau diterjemahkan secara kontekstual ke dalam bahasa Indonesia sekarang, hitung real lebih tepercaya daripada hitung cepat. Itu mengapa kita mesti menunggu sampai 22 Mei 2019.😭 Semoga selama sebulan ke depan tak terjadi apa-apa sehingga yang real count yang lebih unggul tadi tidak melenceng jauh dari quick count #lohjadimananihyanglebihsuperior?

Tentu saja real count lebih superior sejauh real count itu klop dengan kenyataan yang sebenarnya, mulai dari suara hati pencoblos yang tampak pada lubang kertas pemilu sampai jenjang tertinggi penghitungannya. Semakin meleset dari suara hati partisipan, semakin meleset pula real countnya. Sementara quick count semakin jos ketika hitungannya tak meleset dari real count tadi. Dengan demikian, peluang real count untuk menguak kebenaran lebih besar daripada peluang quick count

Meskipun demikian, teks bacaan hari ini jelas tidak omong soal real count vs quick count. Kalau mau dipaksakan ya bisa saja sih: bagaimana supaya quick count itu semakin sinkron dengan real count dan karena itu, baik juga kalau Bawaslu menutup penyedia quick count abal-abal yang malah mengacau dengan metodenya dan melecehkan profesionalitas para ahli statistik. Kalau perlu, laporkan polisi dong 😂😂😂.
Teks bacaan hari ini menyodorkan kisah konspirasi untuk memulai kontroversi soal kebangkitan dan kontroversi ini terus terpelihara sampai sekarang, entah secara formal maupun informal. Sudah sejak kemarin-kemarin saya tegaskan bahwa Paska bukan perayaan kontroversi karena yang dirayakan adalah misteri kebangkitannya. Andaikan misteri kebangkitan ini diparalelkan dengan real count, maka pengumumannya bukan lagi 22 Mei 2019, melainkan kelak pada saat kiamat, yang entah kapan alias God knows

Kalau begitu, pilihan orang beriman tinggal ada pada quick count: seberapa akurat metode perolehan data samplingnya dan pengolahannya sehingga semakin klop dengan real count kelak. Dengan demikian, dari perspektif umat beriman, peristiwa yang jadi kontroversi itu (real countnya: wafat dan kebangkitan Yesus) bukan lagi pokok terpentingnya, melainkan integritas metode dan pengolahannya (quick countnya: kesaksian  hidup pewartanya). Penjelasannya sederhana. Taruhlah saya sebagai contoh: percaya kepada kebangkitan Yesus bukan karena Yesusnya memang bangkit (yang diasumsikan sebagai the real count), melainkan karena saya percaya pada orang-orang lain yang mempersaksikannya (dengan kualitas quick count mereka). 

Pesan hari ini bisa dipetik dari pesan Guru dari Nazareth sendiri dalam teks,”Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudariku supaya pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat aku.”
Orang beriman tak perlu takut mewartakan kebangkitan lewat perkataan maupun tindakannya. Sekali lagi, ini bukan berkoar-koar soal kontroversi (Yesus bangkit), melainkan menindakkan semangat kebangkitannya, yang senantiasa akan diutak-utik oleh siapa saja (entah 01 atau 02) yang punya kepentingan dengan kekuasaan, politik, agama, duit, dan seterusnya.

Real count tetap lebih unggul, tetapi keunggulan itu tak banyak artinya jika selama masa penantiannya tak ada quick count yang valid dan tepercaya alias tak ada iman yang nyata dalam tindakan karena memang iman tanpa perbuatan hakikatnya adalah mati. Begitu, bukan?

Tuhan, mohon rahmat untuk menghidupi kebangkitan-Mu. Amin.


SENIN DALAM OKTAF PASKA
22 April 2019

Kis 2,14.22-32
Mat 28,8-15

Posting 2018: Show Your Resurrection
Posting 2017: Dijual: Harga Diri

Posting 2016: Baper Bikin Blur

Posting 2015: Tidur Aja Dapat Duit

Posting 2014: Money Politics In The Bible

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s