Wo2 Adware

Dulu banget sebelum saya bisa membeli lisensi software asli, saya hobi mencari perangkat lunak yang bajakan. Itu artinya, saya pergi ke situs penyedia cracked version, dan setelah saya memasangnya dalam komputer, ketika saya sambung internet, mulailah sesuatu yang mengejutkan terjadi. Tahu-tahu muncul peringatan keras bahwa komputer saya terinfeksi virus adware. Lalu si pemberi peringatan itu menyodorkan tawaran supaya saya memasang perangkat anti adware itu. Pernah saya menerima tawaran itu lalu terjadilah sesuatu yang lebih mengejutkan saya. Tahu-tahu mak jegagik muncul gambar mbak-mbak telanjang! Woooooo….

Bosan dengan kemunculan mbak-mbak tak diundang itu (wah, berapa lama itu ya sampai-sampai bosan?), saya pasanglah antivirus canggih… tapi cracked version juga.😂 Tentu saja komputer saya dinyataan bersih, bebas dari virus. Sesuatu yang lebih membuat saya panik terjadi: muncul halaman yang memuat gambar dan video mbak-mbak yang lain lagi dan ketika saya tutup halaman itu muncul halaman lain dan begitu seterusnya sampai komputer saya macet pada saat terpajang mbak-mbak dan mas-mas yang keduanya hidup di zaman Adam dan Hawa sebelum dihalau dari Firdaus. Wooooo…..

Mengapa saya panik dan tidak cukup dengan seruan ‘woooo’? Karena karyawan hendak masuk kamar saya, dan memang pintu saya senantiasa terbuka. Saking paniknya saya segera mengangkat pantat saya dari kursi lalu menghalau karyawan saya itu. “Sik, sik, sik, Mas. Mengko dhisik.” Karyawan saya cuma melongo melihat saya panik. “Nanti saya jelaskan, tunggu sebentar ya!”
Setelah itu saya matikan komputer dan saya nyalakan kembali sebelum saya menarik kembali karyawan saya ke meja kerja saya. Untunglah, mbak-mbak dan mas-mas itu tidak muncul kembali. Mungkin malu juga sama karyawan saya, lha wong gak pake’ baju.

Setelah itu, saya ekstra hati-hati terhadap Wowo Adware ini (lha kok Wowo? Karena kemunculannya mengundang reaksi saya ‘woooo’): maling teriak maling. Himbauannya bernada anti kekacauan tetapi jebulnya ia sendiri mengacau sistem komputer saya. Teriakannya anti kekerasan tetapi ia membiarkan kekerasan yang mendomplengnya berlangsung [lha wong menghimbau perusuh di lapangan kok pakai kamera di rumah; memangnya perusuh itu pakai earset semua po?]… eh, ini kok mulai berbau politik sih, Rom? Oh iya ding… Kembali ke Wo2 Adware, iklan ini sudah berkoar-koar justru sebagai awal kerja destruksinya. Belum mulai pemilu saja sudah berkoar-koar soal kecurangan pemilu. Setelah pemilu selesai pun punya real count sendiri dan menuduh lembaga survei sebagai antek-antek pihak lain. Loh loh loh ini kok jadi politik lagi sih, Rom?

Oh iya ya, ma’aps. Soalnya memang teks hari ini, seperti teks-teks lainnya, punya implikasi politik juga. “Jika dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku daripada kamu.” Wo2 Adware tadi, sebelum merusak komputer saya, sudah terlebih dulu merusak prinsip kebaikan bersama. Dengan kata lain, kacaunya komputer saya itu hanyalah konsekuensi, kalau bukan wujud, dari niat jahat Wo2 Adware.

Semoga warga negara yang waras semakin paham bahwa sebelum Wo2 Adware itu merusak tatanan, terlebih dahulu relasinya dengan Sang Penata Kehidupan hancur, lalu takut karena pikiran sendiri bahwa jujur membuat hancur. Semoga TNI/Polri diberi ketahanan dan kejelian untuk membongkar Wo2 Adware ini. Memang menjengkelkan difitnah oleh mereka yang justru melontarkan fitnah. Viva TNI/Polri! [dan kalau ada razia saya tidak akan putar balik😂] Semoga para pemimpin negeri ini juga tidak terinfeksi Wo2 Adware dan membuat kompromi berbahaya untuk generasi mendatang.

Ya Allah, mohon rahmat supaya kami setia pada panggilan-Mu untuk merawat kesatuan bangsa kami yang begitu beragam. Amin.


SABTU PASKA V
25 Mei 2019

Kis 16,1-10
Yoh 15,18-21

Posting 2018: One in a million (wo)men
Posting 2017: Bangkit Dong

Posting 2016: Kaku-kaku Lemes

Posting 2015: Dunia Setuju Hukuman Mati

Posting 2014: Spiritual Being Having Human Experience

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s