One Heart

Ini bukan iklan untuk pabrikan Motogp tunggangan Marc Marquez karena tunggangan saya ‘selalu di depan’ 😂. Saya cuma mau membagikan pengalaman sederhana berkenaan dengan doa Guru dari Nazareth dalam teks bacaan hari ini: supaya semua jadi satu. 

Kemarin saya menyempatkan diri berjalan-jalan di mal yang cukup besar di sebuah kota di Indonesia dan terjadi (lagi)  apa yang kerap saya lihat: seorang suami yang membuka pintu kaca mal yang besar dan sebelum istrinya melewati pintu itu si suami sudah melepaskan pegangan pintunya sehingga sang istri mesti membuka lagi pintu yang baru saja tertutup. Ini bukan pemandangan elok untuk sebuah suami yang elegan. 😂

Itu belum apa-apa. Beberapa tahun lalu saya bersama pengunjung sebuah kolam renang dan pusat olahraga di suatu kota di Indonesia juga dikejutkan oleh suara benturan keras pada pintu kaca disusul oleh tangisan keras dari seorang anak. Rupanya, ibunya menggandeng anaknya yang masih SD itu melewati pintu kaca tetapi entah kenapa ia tidak menyadari bahwa posisi anaknya ada di jalur pintu kaca yang tertutup. Anak yang digandengnya tentu saja lebih tak sadar lagi bahwa di depannya ada pintu kaca. Alhasil, benturan tak terhindarkan dan celakanya, sudah jatuh tertimpa tangga pula. Anak itu menangis dan ibunya memarahi anak itu karena berjalan tidak ‘lihat-lihat’. Padahal, yang tidak ‘lihat-lihat’ justru yang menggandeng anak itu. 

Itu hanyalah contoh sederhana ketika orang kehilangan kesatuan hati, ketika orang hidup dalam keterpecahan, ketika Allah hanya bisa tinggal dalam wacana, ketika orang kehilangan kemampuan empati. 

Tuhan, mohon rahmat supaya kami hidup dalam kesatuan hati dengan-Mu. Amin.


KAMIS PASKA VII
6 Juni 2019

Kis 22,30; 23,6-11
Yoh 17,20-26

Posting 2018: Manusia Tribal
Posting 2017: Kita Pancasila

Posting 2016: Iklan Bernyawa

Posting 2015: Iman Sama Agama Beda

Posting 2014: Menyenangkan Siapa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s